Google Knol,Pesaing Baru Wikipedia

Pada hari Kamis yang lalu Google mengumumkan rencana peluncuran sebuah aplikasinya yang dikatakan dapat memungkinkan user untuk mengkontribusikan artikelnya ke dalam sutu daftar encyclopedia. Aplikasi ini dberi nama Google Knol, yang merupakan kependekan dari ‘a unit of knowledge’. Tidak seperti pada Wikipedia, Google Knol akan memasukkan nama penulis, yang nantinya akan bertanggungjawab terhadap content tersebut.

Menurut Udi Manber, Google's vice president of engineering, pemikiran terpenting yang diutamakan dalam Google Knol adalah nama penulis. Masih menurut Udi Manber,“Jika buku mencantumkan nama penulisnya di cover, dan artikel berita serta karya tulis juga mencantumkan penulis, walaupun kadang tidak mengedepankan pencantuman nama penulis tersebut, maka pada Knol hal terpenting yang sangat berarti adalah tentang siapa orang yang terlebih dahulu menuliskan topic tersebut dan membacanya”.

Pada saat ini Google Knol ini masih dalam tahap testing. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari berbagai bidang, mulai dari scientific, medical, geographical, historical, entertainment dan berbagai bidang lainnya.
Jika penulis setuju untuk memasukkan advertisement pada Knol-nya, maka Google akan memberikan pembagian pendapatan dari advertisement tersebut.

Menurut Philipp Lenssen, seorang blogger di Google Blogoscoped, “Saat ini, Wikipedia memang banyak dipakai, namun dari segi usability mereka belumlah mejadi yang terbaik”. Lebih lanjut ia menambahkan, “Jika Google dapat lebih baik dalam hal tersebut, maka mungkin saja Knol akan dapat mengungguli Wikipedia”.(dna)

0 Response to "Google Knol,Pesaing Baru Wikipedia"

Posting Komentar